Peringkat negara terkorup di dunia !

Menurut sebuah laporan Internasional yang dirilis minggu ini, Selandia Baru masuk di peringkat satu sebagai negara paling bersih dari korupsi, berada diatas Denmark dan Finlandia yang berbagi tempat di urutan kedua.

Laporan yang dirilis oleh organisasi pengawas Jerman, Transparency International, memberi peringkat terhadap 182 negara dan wilayah sesuai dengan tingkat korupsi mereka di sektor publik.

Negara Paling Korup

Dalam daftar kali ini, Korea Utara dan Somalia menjadi negara paling korup dengan berbagi tempat di posisi 182 yang merupakan peringkat paling bawah dalam daftar, sementara Indonesia menempati peringkat ke 100 bersama Argentina, Benin, Burkina Faso, Sao Tome & Principe dan Suriname.
Dikutip dari Mail Online, diantara sepuluh negara paling atas dalam hal tingkat korupsi yang rendah dalam survei, mayoritas adalah negara-negara Eropa dengan tiga pengecualian yaitu Singapura di nomor lima, Australia pada nomor delapan, dan Kanada menempati posisi ke-10.

Diketahui, laporan ini mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan, penyuapan pejabat publik, suap dalam pengadaan sarana publik, penggelapan dana publik serta kekuatan dan efektivitas upaya sektor publik dan anti-korupsi di negara-negara seluruh dunia.

Inilah rangking 10 Teratas Negara Dengan Tingkat Korupsi Terendah
1. Selandia Baru
2. Denmark*
3. Finlandia*
4. Swedia
5. Singapura
6. Norwegia
7. Belanda
8. Australia*
9. Swiss*
10. Kanada
*Denmark dan Finlandia sama-sama berada di urutan kedua, namun diurutkan berdasarkan alfabet. Begitu juga dengan Australia dan Swiss yang sama-sama menempati urutan ke delapan.

Lihat yg lebih 'korup' di sini !

Arsip Blog